Cara Mengatasi Burung Stres dan Macet Bunyi

Cara Mengatasi Burung Stres dan Macet Bunyi

Cara Mengatasi Burung Streskicauan.net hai sobat kicau mania indonesia, pasti kalian sedang kebingunan bagaimana cara mengatasi atau mengobati burung peliharaanmu yang lagi stres? bukan hanya kalian saja yang bisa stres, tetapi semua jenis burung liar maupun peliharaan juga bisa mengalami stres karena terjadinya perubahan cuaca atau mendapat gangguan dari makhluk hidup lainnya seperti hewan dan manusia. ketika burung stres pasti akan mengalami perubahan yang sangat drastis, terutama pada bagian fisik dan emosional burung itu yang semakin agresif. jadi kalau burung peliharaanmu sedang mengalami stres, maka kalian harus segera mengobati atau merawatnya dengan baik dan benar. baiklah sebelum kita lanjutkan membahas tentang cara mengatasi burung stres, sebaiknya kalian juga harus mengetahui ciri-ciri burung yang sedang stres berikut ini.

Ciri-ciri Burung Stres

  • Burung yang jinak, tiba-tiba sifatnya berubah menjadi liar kembali
  • Burung yang tadinya suka makan voer, berubah menjadi tidak suka atau menolaknya
  • Burung yang biasanya rajin berkicau atau gacor, mendadak menjadi pendiam atau macet bunyi
  • Ketika burung sudah mulai mengembangkan bulunya atau mengembung, meskipun dia aktif bergerak tetapi masih mau makan
  • Pada burung yang berparuh bengkok, terutama pada lovebird akan menyakiti dirinya sendiri
  • Burung menjadi galak dan agresif, contohnya akan menggigit tangan yang memberi pakan

Itulah beberapa ciri burung yang lagi stres, setelah mengetahui ciri-ciri di atas selanjutnya yang harus kalian ketahui ialah apa saja penyebab burung bisa menjadi stres? tenang saja sob, di sini kami akan membahas tentang penyebab burung bisa mengalami kesetresan.

Penyebab Burung Mengalami Stres

  • Adanya gangguan dari binatang peliharaan lainnya, seperti kucing, anjing, tikus, dan lain-lain
  • Sangkar baru bisa membuat burung stres karena merasa kurang nyaman dengan rumah barunya
  • Pergantian tangkringan pada sangkar burung dapat menyebabkan burung tidak nyaman, sebaiknya gunakan tangkringan yang lama
  • Burung bisa stres apabila terkena asap atau polusi udara
  • Bau cat atau plitur pada sangkar bisa membuat burung stres, sebaiknya di siram air terlebih dahulu atau di angin-anginkan agar bau cat hilang
  • Suara keras dari binatang lain atau petasan yang membuat burung kaget sehingga akan mengalami stres
  • Pergantian pakan yang tidak terlalu enak
  • Teknik memegang yang salah dapat membuat burung trauma sehingga menjadi stres

Cara Mengatasi Burung Stres dan Macet Bunyi

Cara Mengatasi Burung Yang Stres

Dalam memelihara burung kicau maupun peliharaan, sebaiknya kita harus teliti dalam pemberian pakan, karena pakan adalah salah satu faktor utama yang bisa membuat burung stres. memang kita tidak akan pernah tahu kapan burung mengalami stres? selain meneliti pakan, untuk mencegah burung peliharaanmu agar tidak stres, berilah vitamin yang cukup dalam tubuh burung. ketika burung dalam keadaan stres, segera membawanya ketempat yang tenang atau sebuah lokasi yang tidak ada gangguan dari bintang lain, dan putarkan suara terapi alam. tapi kalau tidak punya tempat yang tenang, kerodonglah burung mulai dari sore hari sampai malam, ini semua bertujuan untuk memulihkan kondisi fisiologis burung. terapi yang kedua bisa menggunakan kandang umbaran yang bertujuan untuk menguatkan kembali mentalnya, melatih otot, dan mempercepat kesembuhan burung stres.

Dalam pemulihan ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan biasanya sering terjadi pada burung kicau seperti murai batu, kacer, dan lovebird. Demikian beberapa tips burung yang dapat kami bagikan hari ini, semoga bermanfaat untuk memulihkan burung peliharaanmu agar kembali sehat dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar tetap mendapat informasi terbaru seputar burung peliharaan.

Gravatar Image
Kicauan.net merupakan sebuah website yang membagikan informasi seputar burung kicau seperti suara burung, tips perawatan, pakan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *