Cara Menghilangkan Kutu Burung Kicau Hingga Tuntas

Cara Menghilangkan Kutu Burung Kicau Hingga Tuntas

Cara Menghilangkan Kutu Burung Kicau Hingga TuntasKicauan.net kutu pada burung kicau sangat merugikan selain membuat burung tidak nyaman jika di biarkan burung akan menjadi malas bunyi karena lebih sering menggaruk bulu, karena sering di garuk bulu bisa menjadi rusak nah dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kutu burung berikut ini daripada mengobati kami memiliki beberapa tips pencegahan terhadap serangan kutu silahkan kalian lihat berikut ini.

Cara Menghilangkan Kutu Burung Kicau Hingga Tuntas

Pencegahan Serangan Kutu Burung Kicau

  1. Memastikan kondisi burung kicau yang kita pelihara bebas dari serangan kutu memang sangat penting terutama saat kalian membei burung baru pastikan burung tidak terkena kutu dengan cara memandikan dengan cairan anti kutu dan jangan di dekatkan dengan burung lain yang sudah kalian pelihara hal ini untuk menghindari penularan kutu dari burung satu ke burung lainya, bila perlu siapkan tempat tersendiri untuk burung yang baru di beli.
  2. Kerodong burung, pastikan untuk membersikan kerodong apalagi jika kerodong tersebut hasil pemberian teman ataupun bekas kerodong burung asing cuci dengan cairan anti kutu dengan bersih.
  3. Jangan meminta pakan,voer,kroto dll langsung dari wadah pakan burung milik teman, banyak para kicau mania tidak sadar kalau meminta pakan langsung dari wadah pakan burung dapat menyebabkan penularan kutu, jika meminta pakan sebaiknya minta pakan yang masih baru dan belum di berikan ke burung kicau.
  4. Rutin memeriksa kandang dan berkishkan kandang jika terdapat kotoran yang menumpuk paling tidak pembersihan kandang di lakukan seminggu sekali, cuci kandang dengan sabun antiseptik dan jangan lupa gunakan juga cairan anti kutu.
  5. Penjemuran, proses ini sangat penting bagi burung kicau pasalnya selain dapat meminimalkan pertumbuhan jamur dan kutu yang ada.
  6. Hidari kondisi lembab untuk lingkungan burung terutama jika memasuki musim hujan, jangan langsung memasukkan burung ke dalam rumah, lebih baik di keringkan terlebih dahulu dengan hairdryer khusus untuk burung kicau.
  7. Lakukan penyemprotan rutin dengan cairan anti septik atau anti kutu ke peralatan yang berhubungan dengan burung kicau.

Nah jika semua hal di atas sudah kalian lakuka maka kutu burung kicau dapat di minimalkan namun apabila sudah terlanjur burung yang kalian pelihara terkena kutu berikut ini cara mengobati kutu burung dengan tuntas silahkan simak berikut ini.

Cara Menghilangkan Kutu Burung Kicau Hingga Tuntas

Sebelum kalian melakukan pengobatan sebaiknya pastikan burung dalam kondisi sehat, dan jangan melakukan pengobatan kutu jika burung dalam kondisi tidak sehat karena dapat memperburuk kondisi kesehatan dari burung yang kalian pelihara, kebanyakan obat anti kutu burung mengandung insektisida tertentu sehingga berpotensi memabukkan pada burung.

  • Pemilihan Obat

Obat untuk mengilangkan kutu yang ada pada burung kicau di bagi menjadi 2 yaitu non kimiawi dan kimiawi banyak dari kicau mania menyarankan untuk menggunakan obat non kimiawi karena lebih alami dan mengurangi resiko kimia yang dapat di timbulkan dari obat kutu terhadap burung namun proses pengobatan non kimiawi membutuhkan waktu yang sangat lama berikut ini penjelasan mengenai obat kimiawi dan non kimiawi.

  1. Kimiawi adalah berbagai jenis obat yang di jual secara bebas dengan berbagai merek, bentuknya juga bermacam macam, intinya obat kimiawi adalah obat yang mengandung unsur kimia dan biasanya menimbulkan efek samping meskipun hanya sesaat.
  2. Non Kimiawi adalah obat obatan herbal yang di dapatkan dari berbagai tanaman obat seperti rebusan air daun sirih, air cucian beras, air rebusan buah pinag/jambe dan masih banyak lagi obat non kimiawi ini sangat di anjurkan karena tidak ada efeksamping yang di timbulkan untuk burung kicau.
  • Pengobatan Secara Kimiawi

Jika kalian memilih untuk mengunakan obat kimiawi perhatikan dan baca aturan pakai dari obat yang kalian gunakan ikuti langkah demi langkah jangan bereksperimen dengan menggunakan dosis berlebih atau mengurangi dosis namun jika kalian sudah mendapatkan informasi terpercaya dari teman yang pernah menggunakan ya terserah sobat namun resiko kalian tanggung sendiri.

Perhatikan obat kutu yang kalian gunakan banyak sekali jenis obat kutu yang di jual bebas di pasaran lihat juga cara penggunaan dengan baik jika kalian menambah dosis bisa saja menyebabkan burung teler selain itu jika kalian mengurangi dosis maka obat tidak akan efektif dan malah membuat kutu semakin kebal dan sulit untuk di basmi.

  • Pengobatan Secara Non Kimiawi

Air rebusan daun sirih, rebus 7-10 lembar daun sirih dengan air sebanyak 1 liter rebus daun hingga air berubah warna setelah itu angkat dan dinginkan, untuk penggunaanya bisa kalian semprotkan secara merata ke bagian tubuh burung kicau pastikan hingga ke bagian dasar bulu dari burung kicau namun cara paling mudah dengan memegang burung dan menyemprotkan air rebusan secara merata dan hindari dari terkena mata burung namun sebenarnya tidak apa asal tidak keseringan.

Air cucian beras, air cucian beras tidak bersifat racun air ini di gunakan hanya untuk merontokkan telur dari kutu burung sehingga penggunaanya akan lebih efektif apabila di kombinasikan dengan air rebusan daun sirih air daun sirih sendiri bersifat racun untuk kutu sehingga kombinasi dari rebusan beras dan rebusan daun sirih sangat efektif untuk melawan kutu burung.

Baiklah sobat sampai di sini dulu pertemuan dalam kesempatan kali ini semoga artikel yang kami bahas di atas dapat membatu kalian dalam mengobati kutu burung dan nantikan artikel terbaru dari kicauan.net terimaksih sudah berkunjung.

Gravatar Image
Kicauan.net merupakan sebuah website yang membagikan informasi seputar burung kicau seperti suara burung, tips perawatan, pakan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *