Cara Menjinakkan Burung Kicau Hasil Tangkapan Liar

Cara Menjinakkan Burung Kicau Hasil Tangkapan Liar

Cara Menjinakkan Burung Kicaukicauan.net ternyata sebagian dari kicau mania indonesia telah salah mengartikan tentang burung yang jinak, menurut mereka burung jinak adalah seekor burung yang di liarkan atau terbang bebas di udara dan ketika di panggil akan kembali sendiri. sebenarnya juga ada jenis burung seperti itu, tetapi bukan salah satu burung kicau yaitu burung dara, baiklah sekarang mari kita bahas tentang burung jinak yang sebenarnya bersama-sama. burung jinak merupakan jenis burung yang tidak takut dengan apapun, dalam arti tidak takut ialah burung tersebut tidak bersifat agresif atau giras ketika melihat manusia dan hewan lain yang ada di sekitarnya.

Cara Menjinakkan Burung Kicau Hasil Tangkapan Liar

Bukan hal yang mudah untuk menjinakkan seekor burung liar, tentu perlu melatih dan merawat burung dengan penuh kasih sayang. jadi pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara menjinakkan burung kicau hasil tangkapan liar seperti cucak jenggot, pleci, kacer, ciblek, kolibri, dan masih banyak jenis burung kicau liar yang giras di hutan. mungkin anda masih bertanya-tanya, kenapa burung kicau harus bersifat jinak? karena syarat utama bagi burung kicau supaya cepat gacor yaitu harus jinak terlebih dahulu, jika burung tersebut masih takut melihat manusia, maka kita akan kesulitan melatih dan merawatnya. (Baca Juga : Cara Merawat Lovebird)

Sebenarnya ada berbagai cara menjinakkan burung liar maupun peliharaan yang gratisan dan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. oke dari pada penasaran dan mempersingkat pertemuan kita hari ini, silahkan anda pelajari tentang cara menjinakkan burung kicau di bawah ini.

Cara Menjinakkan Burung Kicau Liar

Penempatan Sangkar

Dalam menempatkan sangkar burung peliharaan, kita harus menggantungnya di tempat yang tinggi dan ramai orang agar semua rasa takutnya hilang. cara ini sudah pernah di lakukan oleh salah satu kicau mania indonesia yaitu terhadap lovebird yang menggantungnya di lantai dua dan dekat lampu merah, sehingga menarik perhatian para pengendara bermotor yang fokus melihat burung itu sedang gacor. tapi yang perlu anda ingat, kalau burung tersebut masih bersifat liar akan kelabakan lalu menabrak di dinding sangkar dan bulunya pasti rontok, namun anda tidak perlu kuatir bulu tersebut akan kembali tumbuh seperti sebelumnya.

Teknik Memandikan

Memandikan burung ialah salah satu yang bisa membuat burung jinak, sebenarnya ada dua cara memandikannya yaitu di masukkan dalam keramba dan memegangnya. cara memandikan di dalam keramba harus dengan waktu yang lama, namun kalau anda tidak punya banyak waktu langsung saja semprot burung tersebut sampai basah kuyup dan biarkan saja sampai bulunya kering, pada saat kedinginan pasti burung itu diam dan lama kelamaan akan menjadi jinak sendiri.

Pemberian Pakan

Ketika malam hari wadah pakan harus dalam keadaan kosong, maka burung tersebut akan merasa kelaparan, dan esok harinya berilah makanan jangkrik dengan lidi. kalau burung belum mau memakan, maka jangan terlalu memaksanya dan lakukan secara berulang-ulang sampai mau. jika sudah mau menggunakan lidi kemudian langsung pakai tangan, pemberian jangkrik pada pagi hari cukup 5 ekor saja, siang hari 3 ekor, sore hari 5 ekor, dan jangan memberikan pakan selain jangkrik.

Itulah beberapa cara menjinakkan burung liar yang dapat kami bagikan hari ini, semoga bermanfaat bagi anda yang sering menangkap burung kicau liar di hutan dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar selalu mendapat informasi seputar burng peliharaan.

 

Gravatar Image
Kicauan.net merupakan sebuah website yang membagikan informasi seputar burung kicau seperti suara burung, tips perawatan, pakan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *