Cara Merawat Burung Cendet Supaya Rajin Berkicau

Cara Merawat Burung Cendet Supaya Rajin Berkicau

Cara Merawat Burung Cendetkicauan.net bagi pecinta burung peliharaan pasti sering kali mendengar nama cendet atau pentet pada sebuah kontes burung kicau. bukan hanya di kontes burung saja, bahkan keberadaannya di alam liar masih di buru para kicau mania, maka jangan heran kalau saat ini jumlah populasi burung ini sangat menurun. mungkin anda masih bertanya-tanya, kenapa harus burung cendet, tidak burung lainnya saja yang di buru? baiklah sebelum membahas cara perawatan burung cendet, kami akan menjelaskan sedikit tentang kelebihan yang di miliki burung cendet secara singkat.

Cara Merawat Burung Cendet Supaya Rajin Berkicau

Mengenal kelebihan burung adalah salah satu hal paling utama yang harus anda ketahui sebelum mempelajari tips atau cara perawatan burung peliharaan yang akan kami bagikan. burung cendet merupakan salah satu jenis spesies genus lanius, keunggulan atau kelebihan burung ini dapat menirukan suara jenis burung lain dan merekam semua suara yang ada di sekitar tempat tinggalnya. selain rajin berkicau, cendet juga mempunyai tampilan yang menarik seperti lovebird, banyak sekali kicau mania indonesia yang sudah menjadikan burung cendet sebagai peliharaan di rumah. ingin burung peliharaan anda agar cepat gacor, silahkan gunakanlah suara cendet gacor sebagai masteran.

Karena begitu luas negara kita, nama burung cendet pun juga berbeda-beda pada setiap daerahnya masing-masing, misalnya di jawa timur burung ini lebih di kenal dengan sebutan pentet, tapi di sisi lain masyarakat jawa tengah memanggilnya burung bentet atau toet. sebenarnya nama tidak begitu penting atau menjadi masalah untuk mengikuti semua lomba di kontes burung, hanya perlu sedikit tips cara merawat pentet/cendet biar gacor terus. tentu bukan hal yang mudah membuat burung rajin berkicau, anda harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut dengan baik dan benar. jika salah atau asal-asalan merawat burung pentet anda akan mengalami stres.

Cara Merawat Cendet Agar Cepat Gacor

  1. Pertama harus memilih jenis kelamin burung jantan, karena cendet jantan lebih aktif dalam berkicau, bagi para kicau mania pasti sudah bisa membedakan antara cendet jantan dan betina.
  2. Mandikan burung peliharaanmu setiap pagi hari sekitar pukul 07.00 – 08.00 menggunakan semprotan (jika musim hujan bisa memandikannya lebih siang agar burung tersebut tidak merasa kedinginan).
  3. Setelah selesai memandikan selanjutnya lakukanlah penjemuran, jika sinar matahari sangat panas cukup di jemur selama kurang lebih satu jam. (kalau musim hujan tiba jangan terlalu memandikannya terlalu basah, untuk pengeringan anda harus mengipasi secara manual).
  4. Berilah makanan yang berkualitas seperti voer supaya burung tersebut mendapat vitamin dan protein, bertujuan untuk menambah tingkat kecerdasannnya dalam berkicau. tetapi jangan melupakan makanan normalnya setiap hari seperti buah pisang, pepaya dan lain-lain.
  5. Untuk makanan tambahan atau EF (Extra Fooding) bisa memberi makan jangkrik di pagi hari 4-6 ekor dan sore 3-4 ekor jangkrik saja. selain jangkrik anda juga bisa memberinya ulat hongkong dan kroto secukupnya karena itu semua akan menambah sumber protein bagi burung peliharaan.
  6. Yang perlu anda perhatikan lagi yaitu suasana di sekitar rumah harus membuat burung terasa nyaman dan tenang, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi fisik burung menjadi terganggu dan akan berakibat stres.
  7. Memang suara burung cendet sering di gunakan sebagai masteran burung lainnya, tetapi cendet sendiri juga banyak yang kehilangan suara aslinya karena sudah di master burung lain yang lebih gacor seperti kenari, murai batu, jalak suren, dan itu semua bertujuan untuk menambah variasi suara cendet.

Baiklah itu beberapa tips cara merawat burung peliharaan jenis agar cepat gacor, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah tingkat kecerdasan burung cendet anda di rumah rajin berkicau.

Gravatar Image
Kicauan.net merupakan sebuah website yang membagikan informasi seputar burung kicau seperti suara burung, tips perawatan, pakan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *