Cara Merawat Burung Murai Batu Saat Mabung

Cara Merawat Burung Murai Batu Saat MabungKicauan.net Mabung atau Molting adalah salah satu proses dari siklus hidup burung pada saat mabung sebagian besar dari bulu burung yang sudah tua akan rontok dan di gantikan dengan tumbuhnya bulu yang baru proses mabung ini biasanya terjadi sekali dalam satu tahun akan tetapi dalam beberapa kondisi ada yang mempengaruhi proses mabung ini sehingga proses mabung menjadi tidak normal pada saat mabung burung harus mendapatkan perawatan khusus supaya ketika proses mabung selesai burung kembali fit dan tidak stres di beberapa daerah di indonesia ada beberapa istilah mengenai mabung yaitu :

  • Ngurak adalah sebutan untuk rontoknya bulu burung yang tidak beraturan sampai bulu-bulu kecilnya pun berjatuhan.
  • Ambrol adalah proses dimana semua bulu rontok sekaligus.
  • Nyulam adalah proses tumbuhnya bulu baru menggantikan bulu yang sudah rontok

Cara Merawat Burung Murai Batu Saat Mabung

Apabila dalam satu tahun burung mengalami beberapa kali prose mabung maka patut di curigai karena proses mabung normalnya hanya terjadi sekali dalam setahun bisa saja bulu yang rontok di sebabkan karena pengaruh obat obatan atau pemberian pakan yang tidak cocok pada saat proses mabung burung murai batu memerlukan asupan nurisi yang cukup karena burung murai batu memerlukan banyak nutrisi untuk menumbukan bulu yang baru selain itu burung murai batu memerlukan perawatan yang maksimal supaya proses mabung berjalan dengan lancar dan burung tidak menjadi drop berikut ini perawatan yang sering di lakukan oleh kicaumania saat burung murai batu sedang mabung silahkan kalian lihat.

Cara Merawat Burung Murai Batu Saat Mabung

  1. Tempatkan burung di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian jangan lupa pada kandang burung murai yang mabung berikan kerodong supaya burung merasa lebih nyaman.
  2. Pemberian Fur/Pur untuk MB di campurkan dengan susu bubuk hal ini berguna untuk mempercepat proses rontoknya bulu.
  3. Pemberian Ekstra Fooding (EF) usahakan di hentikan namun ada pula yang menyarakan untuk tetap memberikan ekstra fooding namun hanya secukupnya saja.
  4. Berikan kroto sebanyak satu sendok makan setiap harinya.
  5. Pemberian ulat hongkong sebanyak 5 ekor setiap tiga kali seminggu.
  6. Jangan lupa bersihkan kandang secara rutin paling tidak 2-3 hari sekali.
  7. Di saat bulu ekor mulai tumbuh sekitar 5cm pada saat ini burung di mandikan dengan menggunkan obat kutu supaya bulu yang baru tumbuh terbebas dari serangan kutu proses ini paling tidak di lakukan dalam 2 hari sekali.
  8. Untuk burung yang mabung setelah di mandikan tidak perlu di jemur di bawah terik mata hari cukup di angin anginkan saja.
  9. Pada saat bulu mulai tumbuh lakukan proses pemasteran pada waktu inilah saat terbaik untuk melatih burung.
  10. Jika saat proses mabung pemberian jangkrik di stop maka mulai berikan lagi saat bulu ekor tumbuh sempurna.
  11. Jika proses mabung sudah selesai maka perawatan harian bisa kalian lakukan seperti biasa.

Hal Hal Yang Perlu Di Hindari Saat Proses Mabung

  1. Jauhkan burung dari hembusan angin makanya pada saat mabung kandang burung di krodong.
  2. Jangan di adu atau di trek dengan burung murai batu lain.
  3. Jangan memandikan burung murai batu yang mabung.
  4. Jika ingin membeli burung murai batu lihat apakah bulu sudah tumbuh sempurna atau masih ada bulu yang belum tumbuh.

Pada saat mabung biasanya burung murai batu memerlukan waktu sekitar 2-3 bulan jika sobat ingin mengadu murai batu sebaiknya lihat dahulu kondisi mental burung pasca mabung apakah sudah benar benar pulih atau belum selain itu proses terbaik untuk melakukan pemasteran adalah saat burung mabung terutama setelah bulu mulai tumbuh, nah sobat mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kali ini semoga dapat menambah wawasan kalian dalam mengatasi burung murai mabung, sampai bertemu di lain kesempatan, terimakasih sudah berkunjung.

Be the first to comment

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.