Cara Merawat Burung Perkutut Agar Juara Kontes

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Juara Kontes

Cara Merawat Burung Perkututkicauan.net dalam beberapa tahun belakangan ini burung perkutut sudah mulai populer kembali dan muncul di berbagai kontes burung kicau. sebenarnya sebagian orang masih takut dengan mitos perkutut yang belum terpecahkan, tapi menurut kepercayaan orang jawa burung perkutut lokal mempunyai keistimewaan tersendiri bagi pemiliknya, misalnya dapat mendatangkan rizki, menjaga kedamaian rumah tangga, dan memberikan kesehatan. akan tetapi bukan jenis burung perkutut itu yang akan kita bahas hari ini, melainkan  burung perkutut bangkok yang suaranya lebih merdu, sehingga dapat mengikuti kontes burung kicau. oke sebelum membahas tentang perawatan burung perkutut, sebaiknya anda mengenal lebih dekat lagi burung perkutut agar lebih mudah untuk mempelajari tips perawatannya.

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Juara Kontes

Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung kicau pemakan biji-bijan. burung ini memiliki ukuran yang kecil yaitu sekitar 21 cm, ciri perkutut sendiri dapat di lihat dari tubuhnya yang ramping, berekor panjang, kepala abu-abu, pada bagian leher ada garis hitam yang halus, punggung warna coklat, kakinya merah jambu tua, dan paruh abu-abu kebiruan. kehidupan burung perkutut di alam liar sama seperti lovebird yang saling berpasangan dan membentuk kelompok kecil dengan sejenisnya, sebenarnya ada banyak jenis burung perkutut di muka bumi, namun yang masih populer saat ini yaitu perkutut lokal, bangkok, dan thailand. baik, setelah mengenal sedikit tentang burung perkutut, selanjutnya belajar cara merawat burung perkutut agar gacor dan juara kontes.

Cara Merawat Burung Perkutut Bakalan

1# Seperti burung kicau lainnya, suara burung jantan lebih gacor dari pada betina. maka anda harus memilih anakan atau bakalan perkutut yang berkelamin jantan, biasanya burung perkutut jantan memiliki sumpit kerapatan kaki kurang dari 1 cm, sedangkan yang betina sumpit kakinya lebih renggang.

2# Mandikan burung secara rutin, cara memandikan perkutut bisa menggunakan semprotan sprayer yang paling halus. kami sarankan memandikan burung memakai air besar di campur dengan daun sirih tujuh lembar, itu semua berfungsi untuk menghilangkan kutu pada tubuh burung, selain itu juga dapat mengkilapkan warna burung tersebut.

3# Setelah selesai memandikannya, jangan lupa jemurlah burung setiap pagi pada pukul 7 – 9 pagi. hal ini di lakukan supaya menguatkan kekebalan tubuh burung terhadap panas.

4# Pemberian makanan, seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa makanan utama burung perkutut di alam liar adalah biji-bijan, jadi sebaiknya berilah makanan yang sama yaitu beras merah, milet, dan butiran jagung.

5# Buatlah suasana sekitar burung perkutut terasa tenang dan nyaman baginya, karena kenyamanan burung sangat berpengaruh pada fisik dan psikisnya, terutama pada kualitas suara perkutut.

Itulah beberapa tips perawatan burung perkutut yang dapat kami sampaikan hari ini, semoga bermanfaat bagi seluruh kicau mania indonesia, dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar selalu mendapat informasi terbaru seputar burung kicau.

Gravatar Image
Kicauan.net merupakan sebuah website yang membagikan informasi seputar burung kicau seperti suara burung, tips perawatan, pakan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *