Cara Merawat Burung Saat Perpindahan Musim

[Tips Dan Trik] Cara Merawat Burung Saat Perpindahan Musim

[Tips Dan Trik] Cara Merawat Burung Saat Perpindahan Musim – Halo teman teman kicauan.net kembali lagi kami akan berbagi tips seputaran burung kicau dan pada kali ini kita akan membahas trik merawat burung saat perpindahan musim.

Cara Merawat Burung Saat Perpindahan Musim

Di indonesia sendiri terdapat dua musim yang di sebut dengan musim panas dan musim penghujan, dan dari perpindahan musim tersebut pasti akan membawa dampak terhadap semua makhluk hidup tak terkecuali burung kicau yang di dalam sangkar sekalipun. Belajar dari pengalaman yang sudah sudah kali ini kami akan berbagi cara mengatasi dampak perpindahan musim untuk burung kicau.

Dalam merawat burung kicau memang di perlukan ketelatenan ekstra terutama untuk burung kicau kelas kontes yang memiliki harga lumayan mahal, perawatan ekstra akan terasa ketika beralihnya musim dari panas ke penghujan atau dari musim penghujan ke musim panas. Pola perawatan burung pada waktu itu harus di rubah dari biasanya karena bila tidak burung bisa sakit dan hal terburuk nya adalah burung kicau bisa sampai mati. Langsung aja kita bahas tips dan trik cara merawat burung saat perpindahan musim.

Trik Cara Merawat Burung Saat Perpindahan Musim

Hal hal yang harus di lakukan saat terjadi perubahan cuaca, berikut ini cara merawat burung saat perpindahan musim ala master burung kicau.

  • Mengurangi Penjemuran Burung

Pada musim panas cuaca di waktu dini hari sampai seperempat hari akan terasa lebih cepat berubah maka dari itu lebih sedikit waktu ketika menjemur burung sangat di anjurkan oleh para master burung kicau.

akibat nya bila kita terlalu lama menjemur burung di saat musim ini adalah burung bisa mati kepanasan dan dehidrasi.

  • Menjaga Ketersedian Air

Untuk mengatasi dehidrasi pada musim panas maka harus rutin cek air minum burung, salah salah bila kita telat memberi burung air minum burung kicau kita bisa mati karena deehidrasi, pada musim panas burung akan lebih banyak minum dari pada makan.

  • Kerodong Burung Kicau

Cuaca waktu sore dan malam hari pada musim pancaroba akan sangat berbeda, pada musim panas angin akan lebih kencang dan pada musim penghujan akan lebih sering terjadi hujan pada waktu yang tidak bisa di tetapkan. Untuk itu melakukan kerodong burung secara full pada sore dan malam hari sebagai langkah antisipasi.

  • Menjaga Kualitas Pakan

Pada musim kemarau burung memang akan lebih banyak minum dari pada makan untuk itu menjaga makanan bergizi pada burung kicau sangat di anjurkan sekali guna menjaga stamina burung supaya tidak mudah sakit saat terjadi perpindahan musim.[Baca : Membuat Nektar Buatan]

  • Rutin Membersihkan Kandang

Lebih ekstra dalam membersihkan kandang saat musim sedang mengalami perubahan karena pada musim panas burung akan lebih banyak buang kotoran dalam bentuk air atau cair, dan jenis kotoran burung seperti ini akan lebih mudah mengundang virus yang membahayakan burung. Sebaiknya bersihkan kandang burung secepatnya supaya burung tidak mudah terserang penyakit. [ Baca : Cara Menghilangkan Kutu Burung ]

Ok, teman teman semua itu tadi tips dan trik cara merawat burung saat perpindahan musim yang terbukti ampuh menjaga kesehatan burung kicau, semoga bermanfaat dan membantu.

Gravatar Image
Kicauan.net merupakan sebuah website yang membagikan informasi seputar burung kicau seperti suara burung, tips perawatan, pakan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *