Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Terus Saat Lomba

Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Terus Saat Lomba

Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Teruskicauan.net dalam merawat semua jenis burung kicau, kalian harus bisa sabar melatih dan merawatnya dengan penuh kasih sayang. karena merawat burung kicau tidak semudah yang kalian bayangkan, apalagi jenis burung cucak ijo yang membutuhkan perawatan cukup lama biar gacor terus saat lomba. memang para kicau mania selalu tidak sabar menunggu burung peliharaannya agar rajin berkicau, sebenarnya ada cara merawat burung cucak ijo supaya rajin berkicau, namun semua itu juga memerlukan sebuah proses perawatan harian khusus, terutama dalam memilih bakalan atau bahan dari keturunan yang unggul, sehingga akan lebih mudah untuk melatihnya agar cepat gacor.

Jika sudah menemukan pilihan bakalan cucak ijo yang tepat, selanjutnya lakukan pola perawatan atau setelan pakan harian secara teratur, pasti burung peliharaan dalam waktu singkat akan pandai berkicau dengan suara lantang dan bervariasi. akan tetapi sekarang untuk mendapatkan bakalan cucak ijo dari keturunan yang unggul sangat sulit, dan sebagian besar kicau mania telah mendapatkan bakalan atau bahan dari hasil tangkapan liar. biasanya burung liar yang baru di masukkan dalam sangkar atau kurungan akan bersifat agresif ketika melihat manusia, maka kita harus menjinakkan terlebih dahulu sebelum melakukan tahap perawatan harian. (Lihat Juga : Cara Menjinakkan Burung)

Kenapa burung harus di jinakkan terlebih dahulu? kalau burung kicau tersebut belum jinak akan menyulitkan kita pada saat proses pemasteran dan terbang kesana kemari atau glabakan karena sifatnya yang masih liar. setelah burung itu jinak, lalu pelajari langkah-langkah perawatan cucak ijo gacor berikut ini.

Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Terus Saat Lomba

Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba

Memilih Pakan Cucak Ijo

Cara merawat cucak ijo supaya ngentrok, itu sangat berpengaruh dalam pemberian pakan. dalam arti pemberian pakan yaitu semakin bagus pakan yang di berikan, maka peluang burung untuk rajin gacor sangat besar. seperti yang sudah kalian ketahui bahwa makanan utama burung cucak ijo di alam liar yaitu buah-buahan segar seperti pepaya dan pisang, selain itu juga memakan serangga kecil seperti jangkrik, belalang, dan ulat bambu. namun yang perlu kalian ketahui sekarang adalah pakan burung peliharaan dan burung liar itu sangat berbeda, maka berilah pakan buatan seperti voer kepada burung peliharaanmu, karena dalam racikan voer terdapat campuran bahan-bahan tertentu yang bisa mencegah dan menambah stamina burung agar rajin berkicau.

Sangkar, Tangkringan, dan Tempat Pemandian

Ternyata sangkar, tangkringan, dan tempat mandi burung itu termasuk salah satu cara perawatan cucak ijo bakalan maupun dewasa. menurut pendapat para kicau mania indonesia, burung cucak ijo sangat aktif bergerak. jadi kami sarankan untuk memberikan kurungan atau sangkar yang lebih besar, tangkiran dua yang sejajar, dan tempat mandi di dalam kurungan.

Memandikan Secara Teratur

Tidak semua burung cucak ijo mau mandi sendiri dalam sangkar, maka lakukanlah pemandian secara manual sehari dua kali yaitu pagi dan sore hari dengan menggunakan semprotan sprayer. waktu pemandian bisa kalian lakukan pada pukul 08.00 pagi dan 15.00 sore, usahakan dalam memandikannya sampai basah kuyup kemudian di jemur. namun kalau musim hujan tiba cukup mandikan sekali saja yaitu di pagi hari agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Kebersihan Sangkar

Untuk menjaga kesehatan burung peliharaanmu, usahakan sangkar burung selalu bersih agar burung terasa nyaman dan fokus merekam suara isian yang telah kita berikan. dalam membersihkan sangkar bukan hanya pada kotoran burung saja, tetapi semua wadah yang ada dalam sangkar seperti wadah minum, wadah makan, dan tempat pemandian.

Pemasteran Burung

Cara perawatan cucak ijo yang terakhir yaitu proses pemasteran, proses ini bisa kalian lakukan menggunakan suara cucak ijo yang rajin bunyi atau ngerol panjang setiap pagi, siang, sore, dan malam hari. semakin rutin kita memberikan masteran, maka semakin besar pula harapan burung untuk berkicau. namun kalau burung tidak mau gacor juga, gunakanlah terapi cucak ijo dengan cara memancing bunyinya dengan suara cucak ijo betina.

Demikianlah beberapa tips merawat cucak ijo untuk lomba, bagi yang menerapkan perawatan harian ini pada burung peliharaannya di rumah, semoga bisa cepat gacor dan menang dalam kontes burung, dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar tetap mendapat informasi terbaru seputar burung peliharaan.

 

 

Gravatar Image
Kicauan.net merupakan sebuah website yang membagikan informasi seputar burung kicau seperti suara burung, tips perawatan, pakan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *