Cara Merawat Kacer Agar Rajin Bunyi Saat Lomba

Cara Merawat Kacer Agar Rajin Bunyikicauan.net tentunya bukan hal yang mudah untuk melatih seekor burung kicau maupun burung peliharaan agar menang lomba, terutama pada burung kacer yang perlu perawatan harian khusus. kelebihan burung kacer sendiri terdapat pada suaranya yang gacor, maka para kicau mania terus berusaha melatih suara kacer agar cepat gacor atau rajin bunyi sepanjang hari. seperti yang sudah kami katakan di atas bahwa tidak mudah untuk melatih burung kicau untuk lomba, anda harus bisa membagikan waktu luang untuk merawat dan melatihnya dengan sabar, selain itu juga di perlukan modal yang tidak sedikit. namun salah satu faktor utama untuk mempercepat burung kicau agar cepat gacor adalah perawatan khusus.

Bagi pemula atau baru memelihara burung kacer, ini harus melakukan tahap perawatan harian khusus. cara merawat burung kacer agar cepat gacor, bukan hanya di beri pakan dan membersihkan sangkarnya saja, karena itu tidak akan berpengaruh terhadap burung sama sekali untuk lebih gacor. lalu bagaimana cara merawat kacer agar rajin bunyi saat lomba? sebenarnya untuk membuat burung kacer cepat gacor, cukup dengan melakukan tahap perawatan harian secara rutin. baiklah untuk mempersingkat pertemuan hari ini, langsung saja kita bahas tentang cara merawat kacer yang baik.

Cara Merawat Kacer Agar Rajin Bunyi Saat Lomba

Perawatan Kacer Untuk Lomba

1. Memilih Jenis Kelamin Burung Kacer

Dalam sebuah kontes burung kicau, pasti anda memilih jenis burung yang berkelamin jantan, karena suaranya lebih gacor dan lantang. bagi pemula atau baru saja memelihara burung pasti masih bingung membedakan antara burung kacer jantan dan betina, tetapi anda tidak perlu khawatir, silahkan pelajari ciri-ciri burung kacer jantan sebagai berikut.

  • Kepala Kacer jantan terlihat lebih rata atau persegi
  • Ukuran paruhnya pendek dan berwarna hitam dari atas sampai bawah
  • Lidahnya ada trotolan atau bercak hitam sekitar 1-3 titik
  • Bulu sayap dan punggungnya berwarna hitam
  • Postur tubuhnya lebih langsing, dada bidang, dan terlihat tegap kalau sedang berdiri
  • Ekor kacer jantan akan terlihat rapat atau tidak terpisah-pisah ketika sedang diam
  • Suara kacer jantan lebih gacor, nyaring dan bervariasi

2. Pakan dan Minum Burung Kacer

Ada dua jenis pakan untuk burung kacer, yaitu pakan buatan atau racikan dan pakan alami. biasanya pakan alami burung kacer dapat di cari pada alam sekitar kita, seperti cacing tanah, ulat hongkong, ulat bambu, kroto, orong-orong, belalang, dan jangkrik. pemberian pakan jangkrik, cukup 2-3 ekor saja di pagi dan sore hari, dan untuk ulat hongkong hanya satu sendok teh setiap tiga hari sekali. sedangkan pakan buatan bisa membelinya di toko terdekat yaitu voer. bagi anda yang memberi pakan voer, sebaiknya di ganti setiap dua hari sekali atau berikan secukupnya saja. selain pakan, berilah air minum yang sudah di rebus atau sudah matang agar terhindar dari bakteri tenggorokan.

3. Pembersihan Sangkar Burung Kacer

Sangkar burung atau kandang supaya di bersihkan setiap hari, karena kotoran burung akan menimbulkan jamur dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan burung kacer.

4. Pemandian dan Penjemuran Burung Kacer

Cara memandikan burung kacer berbeda dengan lovebird, biasanya burung kacer di angin-anginkan selama 15 menit terlebih dahulu baru di mandikan. kemudaian di jemur selama dua jam, mulai dari pukul 8 sampai 10 pagi.

5. Pemasteran Burung Kacer

Memaster burung kacer, sebaiknya di lakukan pada sore dan malam hari. untuk membuat burung peliharaan anda lebih gacor, silahkan gunakan suara burung kacer untuk masteran.

6. Penempatan Sangkar Burung Kacer

Burung kacer lebih menyukai tempat yang tenang, maka jauhkan dari keramaian orang yang mengganggunya, sebaiknya tempatkan sangkar burung pada tempat yang sunyi dan tenang. jangan lupa untuk menjauhkannya dari gangguan binatang lain seperti ular, kucing, semut, tikus, karena itu semua akan membuatnya ketakutan dan mengalami stres. (Baca Juga : Cara Mengatasi Burung Stres)

7. Menjinakkan Burung Kacer

Salah satu faktor utama yang membuatnya cepat gacor yaitu di jinakkan terlebih dahulu, dengan cara di elus-elus bulunya, memanggil nama kesukaannya dan selengkapnya anda bisa membaca cara menjinakkan burung kicau.

8. Kerodong Burung Kacer di Malam Hari

Ketikan malam hari, terutama pada musim hujan burung kacer akan merasa kedinginan, maka kerodonglah agar tidak ada angin yang masuk karena udara dingin dapat berpengaruh terhadap kesehatan burung.

9. Diadu Dengan Burung Kacer Lain

Selain jinak, burung harus diadu dengan burung kacer lainnya agar cepat gacor, cara ini paling efektir untuk mempercepat burung kacer menjadi gacor, karena akan terpancing dengan suara kacer lainnya. kami sarankan agar mencari pesaing yang lebih rendah agar burung kacer tidak takut atau minder.

Itulah beberapa tips merawat burung kacer agar rajin bunyi saat lomba, semoga artikel ini dapat membantu dan mempercepat burung kicau anda supaya lebih gacor. jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar tetap mendapat informasi terbaru seputar burung peliharaan.

Be the first to comment

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.