Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Cara Ternak Lovebirdkicauan.net hai sobat kicau mania, bagi pencinta burung kicau pasti anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan lovebird pada setiap kontes burung peliharaan, saat ini lovebird telah menjadi primadona para kicau mania indonesia karena suara lovebird sangat unik dan merdu. selain itu lovebird juga memiliki tampilan yang menarik dari warna warni seperti pelangi, sehingga ia menjadi perhatian kicau mania di sebuah kontes burung peliharaan. maka dari sebagian masyarakat indonesia telah memulai usaha ternak lovebird secara alami, sebenarnya ternak lovebird sangat gampang sekali dan tidak memerlukan dana yang banyak namun hasilnya sangat menjanjikan. oke sebelum kami membahas tentang cara ternak lovebird, sebaiknya anda mengenal lovebird terlebih dahulu secara detail.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Seperti yang sudah anda ketahui kata lovebird berasal dari bahasa inggris, love berarti cinta dan bird berarti burung, maka sekarang dapat kita simpulkan bahwa lovebird adalah burung cinta. meskipun kita tinggal di indonesia nama burung cinta tidak begitu populer di kalangan kicau mania, karena mereka lebih mengenalnya dengan sebutan lovebird. ternyata bentuk tubuh lovebird sendiri sangat kecil, ukuran maksimalnya hanya mencapai panjang 17cm dan berat sekitar 60gram. baiklah setelah anda mengenal sedikit mengenai lovebird selanjutnya kami akan berbagi cara perawatan lovebird dengan baik, sebenarnya ada cara lain ternak lovebird yaitu koloni dan lutino. tetapi kali ini kami akan membahas tentang cara ternak lovebird agar cepat bertelur.

Cara Ternak Lovebird

Indukan Lovebird harus berasal dari keturunan yang berkualitas, untuk menentukan jenis indukan lovebird terbaik itu tergantung dari selera anda sendiri. misalnya memilih indukan lovebird dari suara atau warna bulu, karena untuk mendapat dua kelebihan tersebut sangat sulit sekali.

Lovebird Siap Kawin biasanya berusia lebih dari satu tahun, sehingga anak atau keturunannya akan terlahir dengan baik dan kami sarankan usia lovebird jantan lebih tua dari betina.

Kandang Lovebird tergantung berapa banyak burung yang akan kita pelihara, jika hanya sepasang anda cukup membuat kandang berukuran 50x100cm.

Sangkar Lovebird biasanya terbuat dari kayu kotak persegi panjang dengan ukuran 20x25cm atau di sebut dengan nama glodok. selanjutnya anda menyiapkan ranting kecil, serut kayu, dedaunan pada sekitar glodok tersebut dan biarlah lovebird membuat sangkarnya sendiri.

Makanan Lovebird harus berkualitas agar cepat bertelur misalnya seperti pemberian milet, biji sawi, kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, kwaci, tulang sotong, dan lain-lain.

Cara Mengawinkan Lovebird

Setelah anda memahami langkah-langkah ternak lovebird di atas, selanjutnya kami akan membahas tentang cara mengawinkan lovebird jantan dan betina. sebenarnya sangat gampang sekali untuk mengawinkan kedua lovebird tersebut, hanya tinggal memasukkan lovebird jantan dan betina kedalam kadang kemudian lihat perkembangannya selama 4 sampai 10 hari, apakah lovebird sudah bertelur? biasanya lovebird bisa bertelur hingga 3 butir, dan yang perlu anda ingat bahwa tidak semua indukan mau mengerami telurnya sendiri.

Itulah beberapa tips dan cara ternak lovebird secara alami yang bisa kita bahas hari ini, semoga menambah pengetahuan anda untuk mengenal jenis lovebird dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar tetap mendapat informasi terbaru seputar burung peliharaan.

Be the first to comment

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.