Ciri Ciri Burung Kicau Yang Sakit

Ciri Ciri Burung Kicau Yang Sakit

Ciri Ciri Burung Kicau Yang SakitKicauan.net hai sobat berjumpa lagi dengan kami di situs kicauan.net dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai gejala atau ciri-ciri burung yang sakit untuk kalian yang sudah lama berkecimpung di dunia burung kicau tentunya sudah hafal dengan gejala umum yang sering terjadi ketika burung sakit, namun untuk mereka yang masih baru di dunia burung kicau tentunya akan kesulitan untuk melihat apakah burung yang mereka pelihara sedang sakit, beberapa penyakit memang sangat sulit untuk di deteksi namun jika burung sakit ia akan memberikan tanda yang tidak biasa berikut ini ciri ciri burung yang sakit.

Ciri Ciri Burung Kicau Yang Sakit

Ciri Ciri Burung Kicau Yang Sakit

  • Bagian Mata

Pada bagian mata keluar Sekretum (cairan yang tidak normal atau tidak biasa), mata berubah warna memerah, sayu, mata di pejampejamkan dan terjadi pembengkakan di sekitar mata.

  • Bagian Lubang Hidung

Pada bagian lubang hidung burung yang sakit biasanya akan keluar ingus sehingga menutupi nostril yang membuat burung bersin bersin atau membuka paruhnya karena susah bernafas selain itu bulu pada sekitar lubang hidung akan terlihat kotor karena sering di usap oleh burung itu sendiri.

  • Bagian Sayap Dan Bulu

Bulu tampak suram dan kusut kedua sayap tampak lemas prilaku burung akan berubah jika sudah seperti ini berarti burung dalam keadaan kurang sehat.

  • Napsu Makan Turun

Burung yang sakit napsu makannya akan menurun jika sudah parah burung bahkan tidak memakan sedikitpun makanan yang di sediakan, berat badan akan terus menurun hingga burung terlihat kurus dan lemas karena tidak ada asupan nutrisi ke dalam tubuh.

  • Keseimbangan

Burung yang sakit akan susah untuk mengendalikan keseimbangan burung tampak sempoyongan, lemas dan susah bertengger, burung lebih sering berada di lantai kandang dan tidak banyak bergerak.

  • Bagian Sendi

Di bagian sendi atau tulang biasanya muncul pembengkakan dan perubahan bentuk (Deformitas, Malformation).

  • Perubahan Prilaku

Prilaku burung kicau akan berubah drastis dari hari-hari biasa, burung tidak suka mandi, semakin jarang berkicau, suara kicauan berubah dan lainnya.

  • Bagian Tubuh

Terdapat jendolan atau timbunan sesuatu di bagian tubuhnya seperti borok atau lainnya.

Dari semua tanda di atas kalian dapat menyimpulkan sendiri apakah burung yang kalian pelihara sakit atau tidak namun jika burung sudah parah biasanya akan muncul gejala mencret bahkan pendarahan jika sudah seperti itu langkah yang tepat adalah membawa burung kesayangan sobat ke dokter hewan dan konsultasikan penyakit yang di derita burung kesayangan, jika kalian membawanya ke dokter hewan jangan lupa kandang di berikan kerodong dan di bagian lantai di berikan kertas hal tersebut bertujuan supaya burung tidak stres saat di bawa.

Gravatar Image
Kicauan.net merupakan sebuah website yang membagikan informasi seputar burung kicau seperti suara burung, tips perawatan, pakan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *